1) TEKS
Sejak 6000 tahun yang lalu manusia sudah berusaha untuk membuat simbol-simbol visual yang mewakili makna tertentu. Simbol ini selalu berbentuk gambar yang merepresentasikan obyek fisik yang ditemui dalam kehidupan manusia, misalnya sapi, rumah, pohon atau langit. Kadang simbol juga dibuat untuk menjelaskan sesuatu yang abstrak, non bendawi, seperti nama, kata kerja dan sebagainya. Simbol seperti ini biasa disebut dengan huruf piktograf. Kata atau simbol dalam bentuk apapun, lisan maupun tulisan, merupakan sistem komunikasi yang paling umum digunakan. Oleh karena itu, teks merupakan elemen visual yang vital dalam produk multimedia. Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti baik berupa kata maupun kalimat. Jadi kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama pemakaian teks. Untuk penggunaan dalam multimedia, teks dapat dirancang dengan menggunakan :
A. Word Processor (WP)
Teks dibuat menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program seperti Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text Format (RTF)
B. Authoring Software (AS)
Teks dibuat menggunakan fasilitas text editor yang terdapat dalam program seperti Macromedia Director Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan teks dalam pembuatan sebuah aplikasi multimedia yaitu :
- Untuk font kecil, gunakan font yang tersedia yang paling dapat dibaca.
- Gunakan sesedikit mungkin face yang berbeda untuk pekerjaan yang sama, namun variasikan berat dan ukuran typeface menggunakan cetak miring dan cetak tebal.
- Dalam blok teks, atur leading untuk spasi baris yang sesuai
- Dalam headline berukuran besar, atur spasi antar huruf (kerning) sehingga spasi terasa enak dipandang.
- Eksplorasi penggunaan warna teks yang berbeda dan efek penempatan teks pada latar belakang yang berbeda.
- Cobalah untuk membuat drop cap dan initial cap untuk memberi penekanan pada kata tertentu.
-
Gunakan kata-kata yang bermakna atau frasa untuk link dan item menu Dalam menggunakan teks untuk aplikasi multimedia juga harus diperhatikan siapa yang akan menggunakan aplikasi tersebut.Secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Individual user
Untuk aplikasi multimedia yang digunakan oleh seoran pemakai dengan menggunakan komputer, gunakan extensive text dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan untuk group presentation
b. Group presentations
Gunakan teks seminimal mungkin; karena yang berbicara adalah presenter / penyaji. Teks hanya sebagai panduan saja. Batasi penggunaan teks hanya pada bullet text atau paragraf pendek.Ukuran font minimal 24 points
Format teks dapat dibagi menjadi 2 bentuk :
1. Bullet text
- Berisi teks pendek; diawal dengan simbol-simbol tertentu
- Digunakan untuk menjelaskan konsep atau menjelaskan suatu maksud
2. Paragraf text
- Merupakan sekumpulan teks; biasanya terdiri lebih dari 1 kalimat
- Ada 4 bentuk format paragraf, yaitu : left-aligned, right-aligned, centered, justified
2) GRAFIK
Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dangambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu. Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :
1. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
2. Chart, untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
3. Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi
4. Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati
5. Menunjukkan image dan budaya perusahaan
6. Simulasi dari lingkungan yang ada
7. Menjelaskan proses
8. Menjelaskan struktur organisasi
9. Ilustrasi dari lokasi
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan agar menghemat ruang dalam hardisk. Ada dua cara proses pemampatan, yaitu teknik lossless dan lossy. Teknik lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.Teknik lossy adalah suatu teknik memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor. Gambar bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna. Bitmap digunakan untuk fotorealistik dan gambar kompleks yang membutuhkan detail yang halus. Gambar vektor adalah obyek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan metode matematis. Tabel berikut ini menunjukkan kelebihan dan kekurangan gambar bitmap dan vektor Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya. Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw, Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer. Dan masing-masingprogram menghasilkan format nya sendiri-sendiri seperti : CDR, .AI, .SVG, .EPS. Dalam dunia desain grafis dan percetakan yang berhubungan dengan gambar dan foto, terdapat banyak jenis format atau ekstensi file gambar. untuk Jenis - jenis format Grafik, silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya.
3) AUDIO
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain. Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect), maupun suara asli (real sound). Authoring software yang digunakan harus mempunyai kemampuan untuk mengontrol recording dan playback. Terdapat berbagai macam format file audio, diantaranya AAC, AIFF, MP3, ogg, wav, wma. untuk Jenis - jenis format Audio, silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya.
4) VIDEO
Terdiri dari full-motion dan life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera. Beberapa authoring tool dapat menggunakan full-motion video, seperti hasil rekaman menggunakan VCR, yang dapat menyajikan gambar bergerak dengan kualitas tinggi. Terdapat berbagai macam format file video. untuk Jenis - jenis format Video, silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya.
5) ANIMASI
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti
jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun
objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D.
shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang
memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu
berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa
berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
6) KOMPUTER INTERAKTIF
Di dalam dunia Ilmu Komputer, pengomputeran interaktif merujuk
kepada sistem aplikasi perangkat lunak komputer yang dapat berinteraksi
langsung dengan manusia. Interaktivitas pada aplikasi komputer ini
meliputi aplikasi yang sering digunakan sehari-hari seperti pengolah
kata dan pengolah grafis. Sebaliknya, aplikasi atau program yang tidak
memiliki interaktivitas adalah aplikasi yang tidak berinteraksi langsung
dengan manusia seperti kompiler dan aplikasi otomasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar